HOTSPOT MIKROTIK CONFIGURATION


Halo Sobat Oprek

Sobat oprek gimana kabarnya nih Semoga sehat terus yah, Pada kesempatan kali ini Mimin akan memberikan Tutorial kembali mengenai bagaimana cara Konfigurasi HOTSPOT di Mikrotik. Seperti biasa sebelum masuk ke dalam konfigurasinya, Mimin akan memberikan Pengertian terlebih dahulu supaya sobat oprek mengetahui Hotspot itu apa dan kegunaanya untuk apa 

Hotspot Mikrotik

Hotspot mikrotik adalah sebuah sistem yang di gunakan untuk memberikan fitur autentikasi pada user, yang akan menggunakan jaringan internet itu sendiri. jadi untuk bisa mengakses ke jaringan internet, client di haruskan untuk memasukan username dan password login yang disediakan 


1. Langkah pertama coba kita pilih opsi IP lalu pilih lagi opsi Hotspot.

2. Untuk menyettingnya kita pilih ke Hotspot Setup

3. Setelah masuk ke dalam Hotspot Setup saya memilih Ether2 sebagai interface, karna Ether2 adalah port yang tersambung pada Router mikrotik milik saya 


3. masuk-kan IP addressnya dan jangan lupa untuk menyentang opsi di masquarade Network, berguna agar merubah alamat IP ke domain yang anda setting.


4. masuk-kan juga addrss pool network, berguna untuk menentukan (range) rentang IP yang bisa membatasi client yang connect wireless dan digunakan untuk DHCP server maupun point to point 

5. untuk pemilihan Select Certificate di None saja 


6. bairkan default 0.0.0.0

7. Isi DNS Server dengan nama lain domain dari google yaitu 8.8.8.8


8. DNS name isi dengan sesuai keiginan anda, Tapi saya di sini menggunakan nama saya. DNS name berguna ketika anda nanti mengakses Domain yang anda setting sebelumnya 

9. Terlihat penggujian telah berhasil, saya mengakses domain milik saya yaitu (zainu.net)

 

Previous
Next Post »