KONFIGURASI BRIDGE

 

Hallo sobat oprek, balik lagi dengan Tutorial dari mimin kali ini mimin akan membahas Mikrotik lagi nih, Materinya adalah Bagimana caranya Agar router kita bisa saling terhubung dengan Router lain tanpa menggunakan Kabel UTP. Jadi kita memanfaatkan Jaringan Internet Untuk bisa saling terhubung 


Konfigurasi Router A

1. Langkah pertama kalian mask terlebih dahulu ke dalam Opsi Bridge,  Untuk name di sini saya menyetting dengan nama Bridge1. jika sudah Klik apply lalu oke 

2. Kita setting juga di Port, di sini saya berencana Untuk menggabungkan Wlan saya dengan Ether untuk menjadi satu segmen di dalam satu interface yaitu bridge1

3.Selanjutnya kita setting IP address dan arahkan Interfacenya ke dalam Bridge1 

4. Jangan lupa kita setting juga nih IP pada si fisik 



Konfigurasi Router B

1.Untuk konfigurasi Di dalam Router B sama persis seperti konfigurasi sebelumnya di Router A, Di Sini saya menyetting Si interfacenya saya mengabunggkan antara ether1 dengan Wlan dalam satu segmen yaitu Bridge1 



2. Tambahkan Juga IP address-nya bedain di oket ke 4. jika sebelumnya 1 maka di step ini oktet ke 4nya harus 2

3. Dan Jangan lupa untuk menyetting IP address pada fisik client 

4. Step ini saya melakukan penggujian menggunakan Peintah PING di CMD dan terlihat Router A dengan Router B sudah berhasil Terhubung 




Previous
Next Post »