KONFIGURASI TUNNELING L2TP

 





Hallo sobat oprek bagaimana kabarnya, semoga sehat-sehat terus yah pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan Tutorial kembali. Materi yang akan mimin sampaikan mengenai konfigurasi Tunnling Mikrotik. Jenis Tunnel yang akan mimin berikan L2TP (layer2 Tunneling Protocol) 

    Singkatnya Tunnel merupakan konfigurasi yang mengharuskan si client dan server berkomunikasi dengan jalur yang mereka bikin sendiri yaitu tunnel (trowongan)

Konfigurasi pada Router server

1. Langkah pertama yang harus di lakukan Pada Router server ialah. masuk terlebih dahulu pada menu PPP >> setelah masuk pilih L2TP server 

2. Klik centang pada opsi enable, yang berarti kita mengaktifkan L2TP 

3. Kita lanjutkan ke mennu ppp secret, Untuk opsi Name dan password itu bebas mengisinya. opsi service sesuaikan dengan konfigurasi yang anda lakukan, karna di sini saya sedang melakukan konfigurasi L2TP maka saya mengarahkan service ke L2TP. Profile saya milih ke default-encription. kenapa saya memilih default-encription, karna opsi ini dengan adanya tambahan encription jauh lebih aman di banding default biasa. Untuk Local dan remote address bebas untuk mengisinya dengan angka berapa saja tapi usahakan oketet ke 4 nya harus di bedakan.

4. Jika sudah apply saya maka Rule yang sebelumnya di setting sudah terbuat. 


Konfigurasi Router client

1. Lagnkah pertama yang harus di lakukan pada Router Client, masuk terlebih dahulu pada menu interface lalu tambahkan

2. Selanjutnya pilih opsi L2TP Client.

3. Sselanjutnya arahkan ke menu dia-up, Untuk opsi Connect to isi dengan IP wlan dari si router server. usernya samakan dengan opsi name yang ada di Router server begitu juga dengan password dan profile. pokoknya harus satu sekmen dengan router server. jika sudah yakin dengan konfigurasi yang di buat klik apply lalu oke 


Penggujian

1. pada Router Client akan ada fleg R yang berarti Running 

2. sedangkan pada router server ada Fleg DR yang berarti Dinamic running 

3. penggujian Pig saya mencoba Ping ke router server dengan IP yang tadi saya setup dan terlihat berhasil;











\

Previous
Next Post »