KONFIGURASI HOTSPOT RADIUS MIKROTIK

Halo sobat opek bagaimana kabarnya, semoga sehat-sehat terus yah. pada kesempatan kali ini, mimin akan memberikan Tips&tutorial lagi Tentang konfigurasi mikrotik. Materi yang akan mimin berikan bagaimana cara konfigurasi Hotspot Radius. Untuk materi sebelumnya kita membahas Hotspot virtual wlan Bagi yang ingin melihat bagaimana Konfigurainya bisa klik Link di sini

Hotspot Radius 
Radius remote authentication Dial-In user service, merupakan suatu metode standar protokol. yang mengatur komunikasi antara NAS network access server dengan AAA server ketika NAS menerima permintaan koneksi dari user, NAS akan mengirimkan informasi dari user ke radius server akan mencari dan mencocokan informasi mengenai user tersebut pada database-nya 

Note : untuk melakukan konfigurai ini anda terlebih dahulu melakukan konfigurai pada Virtual wlan Klik link di sini

1. pada langkah pertama anda masuk terlebih dahulu ke hotspot

2. Jika sudah anda pilih menu Hotspot set-up


3.  Untuk interface kita setting di wlan2, karena wlan2 merupakan interface dari virtual wlan

4. setting juga di lokal address jika sudah kik next aja 

5. Untuk address pool di sini saya mengasih range IP jadi IP address milik saya di mulai dari 2-6

6. Select sertificate kita pilih ke none saja karena kita tidak punya lisensi HTTPS

7. IP adress smntp saya setting di 0.0.0.0

8. Untuk DNS saya setting dengan DNS dari google

9. saya tidak mengisi dns name tapi jika anda ingin mengisinya juga tidak apa-apa

10. Dan untuk user login juga saya tidak setting 

11. Hotspot set-up sudah terbuat 

12. Selanjutnya kita pilih opsi server profile 

13. Masuk di server profile, lalu pilih opsi Login dan hilangkan atau UNcentang Cokie

14. Kita lanjut ke Radius lalu Centang Opsi use radius. berfungsi untuk mengkatfian Fitur radius pada hotspot 

15. Kita lanjut ke Radius, dan kita tambahkan saja 

16. Setelah masuk ke centangg Fitut hotspot, dan  juga isi addreess dengan ip address lokalhost. jangan lupa untuk mengisi secret. secret ini perumpamaan dari Sandi atau password 

17. Lanjut ke opsi firewall > NAT lalu arahkan Out interfacenya ke wlan1. Jika anda tidak melakukan step ini maka nanti yang akan terjadi pada saat anda melakukan akses ke dalam Hotspot ada notifikasi Radius NOT responding 

18. Selanjutnya kita masuk userman. caranya anda buka Browser, lalu ketik-kan IP address wlan2 milik anda. Loginnya masih default yaitu admin

19. Setelah masuk kita pilih setting lalu pindahkan opsi password ke visible dan jangan lupa untuk melakukan SAVE 

20. Selanjutnya kita ke opsi profile dan untuk name anda bebas untuk mengisinya 

21. Setelah terbuat Profilenya, jangan lupa untuk mengklik opsi add new limitation

22. di add limitation ini berfungsi jika anda ingin mengatur waktu/jam serta hari apa saja, Hotspot ini berkerja. Di sini saya menyetting untuk Hotspot ini bekerja di setiap hari, serta jamnya bekerja dari pukul 7 pagi sampai pukul 4 sore. jika anda sudah yakin dengan konfigurasinya anda bisa langsung klik opsi ADD untuk menyimpan konfigurasinya 

23. Selajutnya kita pilih Limitation lalu tambahkan 

24. Di dalam opsi limitation ini anda bisa me-Limit atau membatasi kecepatan internet yang masuk maupun keluar  sesuai yang anda inginkan, tapi di sini saya memilih tidak me-limit kecepatan internet saya 

25. Selanjutnya kita ke menu Profile 

26. Di dalam menu profile ini anda membuat user, untuk name itu bebas, IP address di isi dengan localhost, Timezone nya di sesuaikan dengan tempat anda berada karna saya berada di indonesia maka saya menggunakan timezone +07:00. jika anda sudah merasa benar melakukan konfigurasi, anda bisa langsung mengklik opsi add untuk menyimpannya..

27. Selanjutnya kita ke menu User, di menu user ini berfungsi untuk Client bisa akses ke dalam WIFI atau internet yang tersedia. jadi kita bisa me manage berapa user yang bisa login dan mendapat akses. karnaa di sini saya akan membuat user lebih dari satu, maka saya memilih opsi Batch yang nanti bisa kita Coustume dari mulai SSID hingga banyaknya jumlah ID dan password  


28.setelah masuk langkah pertama yang saya buat yaitu Number user atau bisa di bilang banyaknya jumlah user yang nanti bakal tersedia. selanjutnya yaitu username leght dan password leght, jumlah yang harus di isi untuk dua opsi tersebut harus sama. maksud dari 2 opsi tersebut ialah panjang dari kata yang nanti tersedia 

29. Terlihat sudah terbuat usernya, jika anda ingin login masuk-kan salah satu ID dan password yang tersedia di dalam kolom tersebut 

PENGGUJIAN CLIENT HP

1. saya mencoba mengakses salah satu user ID dan password dan terlihat berhasil terhubung 







 

Previous
Next Post »