DNS LINUX DEBIAN9.5


Asslamulaikum Wr.Wb
 
Halo sobat oprek bagaimana kabarnya semoga sehat-sehat Terus yah. pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan Tutorial kembali kali mimin akan memberikan tutorial mengenai linux debian dan bagaimana cara meengubah sebuah IP address menjadi domain dan sebaliknya materi ini bernama DNS (domain name server).

DNS (domain name server)
    domain name server atau biasa kita singkat sebagai dns, merupakan interaksi antar komputer yang terhubung lewat server dengan saling mengenal ip address. dan Dns juga mempunyai beberapa macam contohnya yaitu Dns private. 
    Dns private atau dns pribadi merupakan fitur yang dapat melindungi privasi pengguna. ketika mengakses website yang berada di internet.istilah private dns sebenarnya mengacu pada 2 hal yaitu transport layer security (TLS) dan hypertext transpot protocol (https)

Kelebihan DNS
selain mudah untuk di akses dan juga proses konfigurasinya yang sangat mudah, terlebih lagi saat mengubah IP Address dengan mengandalkan updating data supaya cocok pada dns.

Kekurangan DNS
selain mempunya kelebihan dns juga mempunya kekurangan yang perlu di perhatikan oleh para penggunanya, yaitu Dns lebih sulit untuk di implementasikan nama domain sangat terbatas.

1. kita masuk pada menu konfigurasi bagaimana caranya dns ini dibuat. pada kesempatan kali ini saya menggunakan linux debian seri 9.5 . saya mengecek ip address pada server milik saya dengan menggunakan perintah #ip a dan terlihat ip address milik saya yaitu 192.168.43.100

2. saya akan menambahkan repository dan usahakan repository yang anda gunakan sesuai dengan seri debian milik anda. pada menu sourceslist saya menambahkan reponya 

3. Selanjutnya saya akan update guna memperbaharui si repo yang ada pada mesin debian saya 


4. Langkah selanjutnya saya install paket bind9 ( berkeley internet name domain) dengan perintah # apt-get install bind9, bind9 ini merupakan salah satu software yang biasa di gunakan untuk membuat, membagun dan mengatur sebuah DNS (domain name server) pada sistem opresai linux 

5. Setelah paket/software bind9 sudah berhasil di install, langkah selanjutnya yaitu dengan pindah directory ke dalam directory bind. dengan menggunkan perintah #cd /etc/bind.  dan untuk mengecek ada apa saja daftar directory di dalam directory bind menggunakan perintah LS

6. langkah selanjutnya saya masuk ke dalam file named.conf.local. di dalam file ini kita menambahkan beberapa syantax dan domain serta IP address server milik kalian.

7. selanjutnya kita salin file dan directory dengan menggunakan perintah cp. dan arahkan perntah cp ke domain. nano masuk ke dalam folder domain dengan perintah nano domain. di dalam file nano domain kita edit dan ubah localhost dengan domain yang sebelumnya kita setting. dan setting juga ip address localhost ubah dengan ip address milik server debian.

8. step yang ini sama seperti sebelumnya. yaitu kita salin file directory dengan perintah cp. lalu arahkan ke 100, 100 merupakan oketet terakhir dari ip address saya yang berjumlah 192.168.43.100. dan jika sudah di arahkan masuk ke dalam file 100 menggunakan perintah nano 100, di dalam file 100 ini kita akan mengedit dan mengubah settingan default. 

9. Selanjutnya saya akan menginstall software dnsutils menggunakan perintah apt-get install dnsutils 

10. Selanjutnya kita masuk ke dalam file resolv.conf dengan menggunakan perintah nano /etc/resolv.conf.  setelah masuk kita edit dan tambahkan rule seperti gambar di bawah ini.

11. restart paket bind9 terlebih dahulu dengan menggunakan perintah /etc/init.d/bind9 restart.  jika paket sudah berhasil di restart, lakukan pengecekan apakah dns sudah berhasil terbuat atau belum. caranya dengan menggunakan perintah dig (domain). jika tampilan server anda serperti gambar di bawah, konfigurasi dns yang anda lakukan berhasil. terlihat domain saya sudah sesuai dan saling mengenal dengan ip address milik server saya.

12. pengcekan selanjutnya dengan menggunakan perintah ping domain. dan terlihat berhasil ip address serta domain saya tidak acak. 

13. Pada step ini saya mencoba untuk mengisi IP address pada network interface laptop saya yang bertujuan untuk  menguji apakah dns saya dapat running dalam client laptop milik saya.

14. untuk penggujian client laptop saya menggunakan cmd dan ping domain dns saya. terlihat running dan berhasil.


TERIMAKASIH SEMOGA TUTOR YANG SAYA BERIKAN BERMANFAAT.













































 

Previous
Next Post »